PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2005/2016
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : IV
(Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah / lambang korps
MENDENGARKAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.1.Membuat gambar/
denah berdasarkan penjelasan yang didengar
|
· Membuat
gambar / denah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Menjelaskan
kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/ lambang
korps
|
· Menjelaskan
secara lisan arti lambang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS / SEMESTER : IV
(Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan
secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
BERBICARA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
2.1.
Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang
runtut
|
· Mendeskrifsikan
tempat sesuai denah
|
Deskripsi tentang tempat dan alat
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. Menjelaskan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
|
·
Menjelas-kan petunjuk penggunaan
|
Petunjuk penggunaan alat
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : IV
(Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami
teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus /
ensiklopedi
MEMBACA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3.1. Menemukan
pikiran pokok teks agak panjang (150-200) kata dengan cara membaca sekilas
|
·
Menemukan pikiran pokok teks
|
Membaca sekilas
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2. Melakukan
sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
|
·
Melakukan sesuatu sesuai
petunjuk
|
Petunjuk penggunaan obat, alat, dan lain-lain
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3. Menemukan
makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca
memindai
|
·
Menemukan makna dan infor-masi
dalam kamus / ensiklopedia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
MATA PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS / SEMESTER : IV
(Empat) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk,
cerita dan surat
MENULIS
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
AW
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
4.1. Melengkapi
percakapan yang belum selesai dengan memperharikan penggunaan (tanda titik
dua, dan tanda petik)
|
·
Melengkapi percakapan rumpang
|
|
5 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. Menulis
petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
|
·
Menulis petunjuk untuk melakukan
sesuatu
|
|
5 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3. Melengkapi
bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang
tepat sehingga menjadi cerita yang padu
|
·
Melengkapi cerita rumpang
|
Cerita rumpang EYD
|
5 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4. Menulis surat untuk teman sebaya
tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan
memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma dll)
|
·
Menulis surat untuk teman sebaya
|
|
5 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Kompetensi
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Uji Kompetensi Akhir
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD / MI
( ................................ )
|
|
....................., ............
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
( ................................ )
|
No comments:
Post a Comment