SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                       : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi             : 1.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi
   Dasar 
 | 
   
Materi Pokok dan Uraian Materi 
 | 
   
Pengalaman
   Belajar 
 | 
   
Indikator
   Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi Waktu  
 | 
   
Sumber/
   Bahan/ Alat 
 | 
  ||||||
Jenis Tagihan 
 | 
   
Bentuk Instrumen 
 | 
   
Contoh Instrumen 
 | 
  ||||||||||
1.1.      Mengidentifikasi fungsi organ
  tubuh manusia. 
1.2.      Mengidentifikasi fungsi organ
  pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah 
 | 
  
Organ tubuh manusia dan hewan 
A.Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (Hlm.3) 
 | 
  
o 
  Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1 
o 
  Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan 
o 
  Memahami istilah dari 
 
o 
  Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut 
o 
  Memahami proses pernapasan pada : 
 
o 
  Mendeskripsikan alat pernapasan hewan 
 | 
  
o 
  Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan. 
o 
  Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara
  kerjanya. 
o 
  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia,
  misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. 
o 
  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan 
 | 
  
Tugas
  Individu  
dan
  Kelompok 
 | 
  
Laporan dan Unjuk kerja 
 | 
  
Kegiatan
  1.1 
Hlm.4 
Tugas
  1.1 
Hlm.5 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD  Kelas V 
Alat: 
- 
  Stoples plastik bening besar 
- 
  Pipa kecil bercabang tiga 
- 
  Plastisin 
- 
  Karet gelang 
- 
  Sedotan 
- 
  Tiga balon kecil 
- 
  Lakban  
- 
  Gunting 
- 
  Silet 
 | 
 |||||
1.3.   Mengidentifikasi fungsi organ
  pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan 
 | 
  
Organ tubuh manusia dan hewan 
B. Alat Pencernaan Makanan Pada
  Manusia. (Hlm.13) 
C. Hubungan Makanan Dan Kesehatan
  (Hlm.21)) 
 | 
  
o 
  Melakukan tugas 1.2 
o 
  Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat
  pencernaan 
 
o 
  Memahami fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan
  usus besar 
o 
  Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an
  dengan makanan dan tata cara makanan 
o 
  Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan 
o 
  Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan
  protein serta menyebutkan sumbernya 
o 
  Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna) 
o 
  Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar. 
 | 
  
o  Mengidentifikasi alat pencernaan
  makanan pada manusia.  
o  Mencari informasi tentang penyakit
  yang berhubungan dengan pencernaan. 
o  Mempraktekkan kebiasaan hidup
  sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. 
o  Mengidentifikasi makanan bergizi
  dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu
  seimbang menjadikan tubuh sehat. 
o  Mempraktekkan cara-cara mengolah
  bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. 
 | 
  
Tugas
  Individu  
 | 
  
Uraian Objektif 
 | 
  
– 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
 Kelas V 
Alat: 
- 
    
 | 
 |||||
1.4.   Mengidentifikasi organ peredaran
  darah manusia. 
 | 
  
Organ tubuh manusia dan hewan 
D. Alat Peredaran Darah Pada
  Manusia. (Hlm.28) 
 | 
  
o 
  Melakukan kegiatan 1.2 (Hlm.31) 
o 
  Memahami fungsi jantung dan pembuluh darah. 
o 
  Memahami bahwa jantung terdiri dari empat ruang 
 
o 
  Memahami bahwa pembuluh darah  
-  
  Pembuluh Nadi (Arteri) 
-  
  Pembuluh Balik (Vena) 
o 
  Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik 
o 
  Memahami intilah  
 
o 
  Memahami proses peredaran darah tertutup dan macam peredaran darah
  berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh 
-  
  Pembuluh Nadi (Arteri) 
-  
  Pembuluh Balik (Vena) 
o 
  Mampu menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain 
 | 
  
o   Mengidentifikasi alat peredaran
  darah manusia melalui gambar. 
 | 
  
Tugas
  Individu  
 | 
  
Laporan 
 | 
  
Kegiatan
  1.2 
Hlm.31 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
  Stopwatch  
- 
  Jam tangan 
 | 
 |||||
1.5.  
  Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia 
 | 
  
Organ tubuh manusia dan hewan 
D.Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28) 
 | 
  
o 
  Melakukan uji kompetensi (Hlm.36) 
o 
  Latihan soal (Hlm.38) 
o 
  Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah 
-  
  Anemia 
-  
  Leukimia 
-  
  Hipertensi 
-  
  Penyakit jantung bawaan 
-  
  Pembuluh nadi mengeras 
o 
  Memehami cara memelihara kesehatan alat peredaran darah 
-  
  menghindari makanan berlemak tinggi 
-  
  membiasakan pola makan yang sehat 
-  
  kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur 
o 
  Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik 
 | 
  
o   Mencari informasi tentang
  penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia. 
o   Mempraktekkan kebiasaan hidup
  sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran
  darah. 
 | 
  
Tugas Individu  
 | 
  
Laporan 
 | 
  
Uji Kompetensi 
Hlm 26 
Lat Ulangan 
Hlm.38 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
    
 | 
 |||||
v  Karakter siswa
  yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline
  ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
  Tekun ( diligence ) , Tanggung
  jawab ( responsibility ) 
Dan Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 ||||||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                       : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi             : 2. Memahami cara
tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi
   Dasar 
 | 
   
Materi Pokok dan Uraian Materi 
 | 
   
Pengalaman
   Belajar 
 | 
   
Indikator
   Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi Waktu 
 | 
   
Sumber/
   Bahan/ Alat 
 | 
  ||||||||||||||
Jenis Tagihan 
 | 
   
Bentuk Instrumen 
 | 
   
Contoh Instrumen 
 | 
  ||||||||||||||||||
2.1     Mengidentifikasi cara tumbuhan
  hijau membuat makanan 
 | 
  
Tumbuhan Hijau 
A.   Pembuatan makanan pada tumbuhan
  hijau (Hlm.43) 
 | 
  
o 
  Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis 
o 
  Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan 
-  
  air → diperoleh melalui akar 
-  
  karbon dioksida →  masuk dari
  udara melalui stomata dan lentisel 
-  
  cahaya matahari → diserap oleh klorofil 
o 
  Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi
  karbohidrat (perhatikan gambar 2.3) 
o 
  Mengetahui hasil fotosintesis berupa 
-   Karbohidrat 
-   oksigen 
o 
  Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan
  memberikan contohnya  
a.       
  di dalam umbi 
b.       
  di dalam buah 
c.       
  dalam biji 
d.       
  di dalam batang 
 | 
  
o  Menjelaskan proses tumbuhan
  hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya
  lain. #) 
o  Menunjukkan tempat tumbuhan
  menyimpan cadangan makanan. 
 | 
  
Tugas
  Individu  
 | 
  
Laporan
  dan unjuk kerja 
Uraian Objektif 
 | 
  
Tugas
  2.1 
Hlm.46 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
    
 | 
 |||||||||||||
2.2     Mendeskripsikan ketergantungan
  manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan 
 | 
  
Tumbuhan Hijau 
B.   Manusia dan hewan bergantung
  pada tumbuhan hijau. (Hlm.48) 
C.   Keadaan dunia tanpa tumbuhan
  hijau. (Hlm.52) 
 | 
  
o 
  Melakukan tugas 2.2 (Hlm.52) 
o 
  Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan 
o 
  Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan 
a.  Daun-daunan 
 
b.  Bunga-bungaan 
 
c.  Buah-buahan 
 
d.  Umbi-umbian 
 
e.  Tunas  
 
f.  
  Biji 
 
o 
  Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai 
a.  Penyedap rasa 
-  
  gula pasir → tebu 
-  
  bumbu (merica, cengkeh, pala , kunyit, jahe) 
b.  Obat-obatan 
-  
  Pil kina (obat penyakit malaria) → kulit pohon kina 
c.  Bahan sandang 
-  
  Kain katun → serat kapas 
d.  Peralatan rumah tangga 
-  
  Kursi, meja → kayu dan bambu 
 | 
  
o  Mengidentifikasi bagian tumbuhan
  yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya. 
o  Menjelaskan pentingnya tumbuhan
  hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi. 
o  Memprediksi yang akan terjadi
  bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau. 
 | 
  
Tugas
  Individu  
 | 
  
Laporan 
Uraian
  Objektif 
 | 
  
Tugas
  2.2 
Hlm.52 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
    
 | 
 |||||||||||||
v  Karakter siswa
  yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline
  ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
  Tekun ( diligence ) , Tanggung
  jawab ( responsibility ) 
Dan Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 ||||||||||||||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                       : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi
            : 3. Mengidentifikasi cara
makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
Kompetensi
   Dasar 
 | 
   
Materi Pokok dan Uraian Materi 
 | 
   
Pengalaman
   Belajar 
 | 
   
Indikator
   Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi Waktu 
 | 
   
Sumber/
   Bahan/ Alat 
 | 
  ||
Jenis Tagihan 
 | 
   
Bentuk Instrumen 
 | 
   
Contoh
   Instrumen 
 | 
  ||||||
3.1     Mengidentifikasi penyesuaian
  diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup 
 | 
  
Penyesuaian makhluk hidup
  dengan lingkungannya 
A.   Penyesuaian dengan lingkungannya
  (Hlm.56) 
 | 
  
o 
  Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya 
o 
  Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan 
-  
  Kupu-kupu → alat penghisap nektar yang panjang (probosis) 
-  
  Lebah→ mempunyai bentuk mulut penjilat 
o 
  Melakukan tugas 3.1 (Hl.61) 
o 
  Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya 
-  
  Bunglon → mengubah warna tubuhnya 
-  
  Walang sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat  
-  
  Walang daun →  bentuk dan warna
  tubuh yang menterupai daun 
-  
  Kala jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat 
-  
  tubuh ke tubuh                        musuhnya 
o 
  Melakukan tugas 3.2 (Hl.64) 
 | 
  
o  Memberikan contoh cara hewan
  menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan
  melindungi diri dari musuhnya. 
 | 
  
Tugas
  Individu  
 | 
  
Laporan 
Uraian Objektif 
 | 
  
Tugas
  3.1 
Hlm.61 
Tugas
  3.2 
Hlm.64 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
-  
 | 
 |
3.2     Mengidentifikasi penyesuaian
  diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup 
 | 
  
Penyesuaian makhluk hidup
  dengan lingkungannya 
B.   Penyesuaian tumbuhan dengan
  lingkungannya 
 | 
  
o 
  Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya 
o 
  Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering
  dan panas dan di air. 
o 
  Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda 
-  
  Pohon jati → merontokkan atau menggugurkan daunnya 
-  
  Kaktus → bentuk daun duri untuk mengurangi  penguapan, 
  batang kaktus menyimpan air. 
-  
  Teratai → Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga
  udara 
-  
  Tumbuhan kantong semar→ Daun berbentuk kantong 
o 
  Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya 
-  
  Bunga mawar → Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil 
-  
  Bunga bugenvi → memiliki duri-duri panjang-panjang 
-  
  Pohon mangga, kamboja, alamanda → Mengeluarkan getah 
-  
  Buah durian → Memiliki kulit berduri 
 | 
  
o  Mendeskripsikan ciri khusus pada
  beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri,
  atau daun yang tajam. 
 | 
  
– 
 | 
  
Uraian
  Objektif 
 | 
  
– 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
    
 | 
 |
v  Karakter siswa
  yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline
  ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
  Tekun ( diligence ) , Tanggung
  jawab ( responsibility ) 
Dan Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 ||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                       : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi             : 4. Memahami
hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda
sebagai hasil suatu proses
Kompetensi
   Dasar 
 | 
   
Materi Pokok dan Uraian Materi 
 | 
   
Pengalaman
   Belajar 
 | 
   
Indikator
   Pencapaian Kompetensi 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi Waktu 
 | 
   
Sumber/
   Bahan/ Alat 
 | 
  ||||
Jenis Tagihan 
 | 
   
Bentuk Instrumen 
 | 
   
Contoh
   Instrumen 
 | 
  ||||||||
4.1     Mendeskripsikan hubungan antara
  sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas 
 | 
  
Benda dan sifatnya 
A.   Penyusun bahan tali temali.
  (Hlm.75) 
B.   Kekuatan bahan tali temali
  (Hlm.) 
C.   Sifat tali temali 
 | 
  
o 
  Melakukan kegiatan 4.1 s.d 4.3 
o 
  Memahami peta konsep tentang bahan tali temali 
o 
  Mengetahui bahan penyusun tali temali  
-  
  Serat : Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik 
-  
  Benang : Benang jahit, benang kasur, benang nilon 
-  
  Tambang atau tali : Tambang plastik, tambang kawat,  
o 
  Memahami sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali: 
-  
  Lentur 
-  
  Kuat  
o 
  Memahami peta konsep tentang bahan tali temali. 
o 
  Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya 
-  
  Struktur pilinan 
-  
  Struktur anyaman  
-  
  Struktur lurus 
o 
  Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya 
o 
  Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali 
 | 
  
o  Mengidentifikasi beberapa jenis
  sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali. 
o  Memberi contoh penggunaan
  berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.  
o  Mengidentifikasi bahan-bahan
  yang akan diuji kekuataannya.  
o  Membandingkan kekuatan beberapa
  jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas. 
o  Menyimpulkan dari hasil
  percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya. 
 | 
  
Tugas
  Individu dan Kelompok 
 | 
  
Laporan
  dan unjuk kerja 
Uraian Objektif 
 | 
  
Kegiatan
  4.1 
Hlm.75 
Kegiatan
  4.2 
Hlm.77 
Kegiatan
  4.3 
Hlm.80 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
  Seutas tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa
  pembesar,  tiga batu kecil,  ember berisi air 
 | 
 |||
4.2     Menyimpulkan hasil penyelidikan
  tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap 
 | 
  
Benda dan sifatnya 
D.   Perubahan sifat benda (Hlm.81) 
E.    Perubahan wujud yang dapat
  kembali dan tidak dapat kembali (Hlm.85) 
 | 
  
o 
  Melakukan kegiatan 4.4 (Hlm.82) 
o 
  Tugas 4.1 dan tugas 4.2  
o 
  Mengerjakan uji kompetensi (Hlm.88) 
o 
  Memahami penyebab perubahan pada benda 
 
o 
  Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali.  
o 
  Memahami prosese pembuatan garam 
o 
  Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali.  
-  
  Pembusukan pada sayuran dan buah 
-  
  Pemasakan nasi 
-  
  Pembuatan bubur 
-  
  Perkaratan pada besi 
 | 
  
o  Mengumpulkan data tentang sifat
  benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan
  sesudah mengalami perubahan. 
o  Mendeskripsikan sifat benda
  sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses. 
o  Mengidentifikasi faktor yang
  menyebabkan perubahan pada benda. 
o  Mengidentifikasi benda yang
  dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu
  proses. 
o  Mendeskripsikan kondisi benda
  setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan. 
 | 
  
Tugas
  Individu dan Kelompok 
 | 
  
Laporan 
Uraian
  Objektif 
 | 
  
Kegiatan
  4.4 
Hlm.81 
Tugas
  4.1 
Hlm.82 
Tugas
  4.1 
Hlm.86
   
Uji
  Kompetensi 
Hlm.88 
Lat
  Soal 
Hlm.90 
Lat
  Ulangan Umum 
Hlm.96 
 | 
  
Sumber: 
Buku SAINS SD 
Kelas V 
Alat: 
- 
  Sebatang lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air. 
 | 
 |||
v  Karakter siswa
  yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline
  ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
  Tekun ( diligence ) , Tanggung
  jawab ( responsibility ) 
Dan Ketelitian ( carefulness) 
 | 
 ||||||||||
Mengetahui, 
Kepala
  Sekolah .......................... 
( ..............................................
  ) 
NIP/NIK :
  .............................. 
 | 
  
..........................................  20 ..... 
Guru Mapel
  IPA ( SAINS ) 
( ..............................................
  ) 
NIP/NIK :
  .............................. 
 | 
 

No comments:
Post a Comment