Thursday, 28 May 2015

RPP Bahasa Indonesia Kelas V



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                             :     ..................................
Mata Pelajaran                :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester              :     5 / Pertama
Standar Kompetensi   :         1          Mendengarkan
                                              Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu                              :     2 X 35 Menit


MENDENGARKAN
A.    Kompetensi Dasar
1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan  dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.

B.     Tujuan Pembelajaran**:
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan.
§  Siswa dapat Menananggapi pernyataan.
§  Siswa dapat Menanggapi. penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
§  Siswa dapat Menceriterakan penjelasan nara sumber

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§  Teks Penjelasan nara sumber

D.    Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§  Kegiatan Inti  :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan.
F Menananggapi pernyataan.
F Menanggapi. penjelasan nara sumber.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
F Menceriterakan penjelasan nara sumber.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis

E.     Metode/Sumber Belajar
§  Metode                                    :  Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§  Sumber Belajar            :  Teks, Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.
·  Lisan.
·  Tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tanggapilah pernya-taan nara sumber!
·  Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan nara sumber!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

No comments:

Post a Comment