Monday, 25 May 2015

Silabus IPS Kelas V



SILABUS PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                :   ...............
Mata Pelajaran                       :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester                      :   V / I
Standar Kompetensi              :   1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia

KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1.    Mengenal        makna peningga-lan-pening-galan       sejarah       yang berskala       nasional      dari masa Hindu-     Budha, dan      Islam di Indonesia





§  Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Dengan berdiskusi siswa menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam
§  Melalui diskusi siswa menyebutkan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  Melalui tanya jawab siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  Dengan ceramah bervariasi siswa diharapkan dapat melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak
§  Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Melestarikan  peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta
§  Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga-          manya
§  Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
§  Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
Tertulis
Uraian
Jelaskan pening-galan       sejarah       yang berskala       nasional      dari masa Hindu-     Budha, dan      Islam di Indonesia

12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)











­     Buku IPS klas V Asy’ari Erlangga
­     Gambar candi dan masjid
1.2.    Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia




§  Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menjelaskan dan mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menjelaskan dan membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§  menceritakan tokoh-tokoh  sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menyebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
§  Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia  
Tertulis
jawab singkat

Sebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

9 x 35 menit
pert 5 - 7
(3 minggu)







­     Buku IPS klas V Asy’ari Erlanga
­     Gambar tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia

1.3.    Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
§  Keragaman kenampakan alam dan buatan
§  Pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya
§  Menggambarkan peta Indonesia dengan memberi simbol-simbol
§  Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan peta  
§  Menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol
§  Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
§  Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia 
Tertulis
jawab singkat

Sebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
­      
 12 x 35 menit
pert 8 - 11
(4 minggu)





­     Buku IPS kelas V
­     Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
­     Globe, dll
1.4.    Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia




§  Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
§  Menjelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§  Dengan ceramah bervariasi guru menjelaskan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
§  Menyebutkan keragaman budaya di Indonesia
§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
§  Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§  Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§  Mengidentifikasi keragaman  budaya yang terdapat di   Indonesia
§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia  
Tertulis
jawab singkat

Jelaskan dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
­      
9 x 35 menit
pert 12 - 14
(3 minggu)




­     Buku IPS kelas V
­     Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
­     Gambar-gambar  keanekaragaman suku bangsa dan budaya
1.5.       Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia


§  Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
§  Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia
§  Menyebutkan contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§  Menjelaska cara-cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§  Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia
§  Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§  Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§  Memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia
Tertulis
jawab singkat

Sebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia

12 x 35 menit
pert 15-17
(3 minggu)

  

  

­     Buku IPS Kelas V
­     Asy’ari  Erlangga Gambar-gambar kegiatan ekonomi
­     Jenis usaha perekonomian 
&  Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)


Mengetahui,
Kepala Sekolah ....................................



(...............................................................)
       NIP / NIK : ........................................

......., ..................................  20....
Guru Mapel IPS.



(.............................................................)
       NIP / NIK : ........................................

No comments:

Post a Comment