SILABUS
PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : ...............
|
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas
/ Semester : V / I
|
Standar
Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan
tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam,
keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK /
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1. Mengenal makna peningga-lan-pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
§ Makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha,
dan Islam di Indonesia
|
§ Dengan
berdiskusi siswa menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam
§ Melalui
diskusi siswa menyebutkan daftar peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§ Melalui
tanya jawab siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
§ Dengan
ceramah bervariasi siswa diharapkan dapat melestarikan peninggalan sejarah
yang bercorak
§ Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
|
§ Menyusun
daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di
Indonesia
§ Membuat
daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di
Indonesia
§ Menceritakan
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Menunjukkan
letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta
§ Mengelompokkan
peninggalan sejarah sesuai kelompok aga- manya
§ Membuat
laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
§ Mendiskusikan
hasil kunjungan ke tempat bersejarah
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)
|
Buku IPS klas V Asy’ari Erlangga
Gambar candi dan masjid
|
1.2. Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
§ Tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
§ Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Menyebutkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Menjelaskan
dan mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di
Indonesia
§ Menjelaskan
dan membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia
|
§ menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Menyebutkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§ Mengelompokkan
tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
§ Membandingkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Sebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam
di Indonesia
|
9 x 35 menit
pert 5 - 7
(3 minggu)
|
Buku IPS klas V Asy’ari Erlanga
Gambar tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan
Islam di Indonesia
|
1.3. Mengenal keragaman
kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
§ Keragaman
kenampakan alam dan buatan
§ Pembagian wilayah
waktu di Indonesia
dengan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
§ Menggambarkan
peta Indonesia dengan memberi simbol-simbol
§ Menjelaskan
ciri-ciri kenampakan alam dan buatan dengan menggunakan peta
|
§ Menggambar
peta Indonesia dengan memberi simbol
§ Menyebutkan
ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
§ Menunjukkan
pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Sebutkan ciri-ciri kenampakan
alam dan buatan
|
12 x 35
menit
pert 8 - 11
(4 minggu)
|
Buku IPS kelas V
Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
Globe, dll
|
1.4. Menghargai keragaman
suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
§ Keragaman
suku bangsa dan budaya di Indonesia
|
§ Menjelaskan
dengan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§ Dengan
ceramah bervariasi guru menjelaskan sikap menghormati keragaman suku bangsa
dan budaya di Indonesia
§ Menyebutkan
keragaman budaya di Indonesia
§ Menyebutkan
macam-macam suku bangsa di Indonesia
|
§ Menemutunjukkan
pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§ Mengembangkan
sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§ Mengidentifikasi
keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
§ Menyebutkan
macam-macam suku bangsa di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Jelaskan dengan peta persebaran
daerah asal suku bangsa di Indonesia
|
9 x 35 menit
pert 12 - 14
(3 minggu)
|
Buku IPS kelas V
Asy’ari Erlangga Peta Indonesia
Gambar-gambar
keanekaragaman suku bangsa dan budaya
|
1.5. Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
§ Jenis-jenis
usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
§ Menyebutkan
jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia
§ Menyebutkan
contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§ Menjelaska
cara-cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
|
§ Menyebutkan
jenis-jenis usaha perekonomian dalam
masyarakat Indonesia
§ Memberi
contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§ Memberikan
contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§ Memberi
contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Sebutkan jenis-jenis usaha
perekonomian dalam masyarakat
Indonesia
|
12 x 35 menit
pert 15-17
(3 minggu)
|
Buku IPS Kelas V
Asy’ari
Erlangga Gambar-gambar kegiatan ekonomi
Jenis usaha perekonomian
|
&
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
....................................
(...............................................................)
NIP / NIK :
........................................
|
.......,
.................................. 20....
Guru Mapel IPS.
(.............................................................)
NIP /
NIK : ........................................
|
No comments:
Post a Comment