SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A
Kelas/Program : V
Semester : I Ganjil
Alokasi Waktu :
38 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan operasi
hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1. Melakukan operasi
hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan
penaksiran
|
Sifat Operasi
hitung bilangan bulat
o Penggunaan sifat
komutatif, Asosiatif, dan Distributif
o Pembulatan bilangan
dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o Menaksir hasil
operasi hitung dua bilangan
|
o Memahami sifat
operasi komutatif pada penjumlahan
a + b = b + a
2 + 3 = 3 + 2
5 =
5
o Mengerjakan latihan 1
s.d 14
o Memahami sifat
operasi komutatif pada perkalian
a x b = b x a
2 x 3 = 3 x 2
6 =
6
o Mempelajari contoh
Hlm. 5
o Memahami sifat operasi
asosiatif pada penjumlahan
o Mempelajari contoh
Hlm.6
o Memahami sifat
operasi asosiatif pada perkalian
o Mempelajari contoh
Hlm. 7, 8
o Mempelajari sifat
distribusi
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
o Membulatkan bilngan
ke satuan terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka
dihilangkan. Jika angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1
o Membulatkan bilngan
ke puluhan terdekatnya
o Membulatkan bilangan
ke ratusan terdekatnya.
o Mempelajari cara
menaksir hasil penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian
|
o
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan
distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
o
Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan,
dan ratusan terdekat
o
Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tugas
IndVidu
dan
Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm.3
Latihan 2
Hlm. 4
Latihan 3
Hlm.5
Latihan4
Hlm.6
Latihan 5
Hlm. 7
Latihan6
Hlm. 9
Latihan7
Hlm. 10
Latihan8.
Hlm. 11
Latihan9
Hlm. 11
Latihan10
Hlm. 13
Latihan11
Hlm. 15
Latihan12
Hlm. 16
Latihan13
Hlm. 17
Latihan14
Hlm. 18
Latihan pengayaan
|
10 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
- Buku
|
1.2. Menggunakan faktor
prima untuk menentukan KPK dan FPB
|
KPK dan FPB
o Penggunaan KPK dan
FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari
o Penggunaan KPK dan
FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari
|
o
Mempelajari contoh mencari faktor prima
Hlm. 20
56 = 2 x 2 x
2 x 7 = 22 x 7
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o
Menentukan KPK dari dua bilangan pada contoh hlm. 21
o
Menentukan FPB dari dua bilangan pada contoh hlm. 22
o
Mempelajari contoh Hlm. 23
|
o
Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk
memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
|
Tugas
IndVidu dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm. 21
Latihan 2.
Hlm.22
Latihan 3.
Hlm.23
Latihan 4.
Hlm 24
|
4 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
|
1.3. Melakukan operasi
hitung campuran bilangan bulat
|
Operasi
Hitung Bilangan Bulat
o Membaca dan Menulis
Bilangan Bulat (Hlm. 26)
o Operasi Penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat (Hlm. 29)
o Operasi Perkalian dan
pembagian bilangan bulat positif (Hlm. 42)
o Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat (Hlm. 50)
|
o
Mengenal bilangan bulat positif dan negatif dengan
menggunakan garis bilangan
o
Membaca dan menulis lambang bilangan bulat
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 26
o
Mengenal lawan suatu bilangan dengan memperhatikan
o
Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan positif
o
Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan negatif
pada contoh Hlm. 31
o
Mempelajari cara menjumlahkan bilangan positif dan
negatif
o
latihan pengayaan Hlm. 36
o
Mempelajari cara mengurangkan dua bilangan positif
o
Mempelajari cara mengurangkan bilangan positif dengan
bilangan negatif
o
Mempelajari cara mengurangkan bilangan negatif dengan
bilangan negatif
o
Mempelajari cara mengalikan dua bilangan positif
(+) x (+)
= +
o
Mempelajari cara mengalikan bilangan positif dengan
bilangan negatif dan sebaliknya
(+) x (–)
= –
(–) x (+)
= –
o
Mempelajari cara mengalikan dua bilangan negatif
(–) x (–)
= +
o
Membagi bilangan positif dengan bilangan positif
o
Mempelajari cara membagi bilangan positif dengan
bilangan negatif dan sebaliknya
(+) : (–)
= –
(–) : (+)
= –
o
Mempelajari cara membagi dua bilangan negatif
(–) : (–)
= +
o
Mempelajari cara menyelesaikan hitungan campuran
o
Mempelajari cara menyelesaikan masalah segari-hari
yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
|
o
Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata
dan angka
o
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian bilangan bulat
o
Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan
bulat
o
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
bilangan bulat
|
Tugas
IndVidu dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
Lat 1. Hlm. 27
Lat 2. Hlm. 28
Lat 2. Hlm. 28
Lat 4. Hlm. 29
Lat 5 Hlm. 29
Lat 7 Hlm. 29
Lat 8 Hlm. 29
Lat 10 Hlm. 33
Lat 11 Hlm. 34
Lat 6. Hlm. 30
Lat 9. Hlm. 33
Lat 12 Hlm. 35
Lat 13 Hlm. 37
Lat 14 Hlm. 38
Lat 15 Hlm. 39
Lat 16 Hlm. 40
Lat 17 Hlm. 40
Lat 18 Hlm. 42
Lat 19 Hlm. 43
Lat 21 Hlm. 44
Lat 20 Hlm. 44
Lat 22 Hlm. 46
Lat 23 Hlm. 47
Lat 24 Hlm. 48
Lat 25 Hlm. 49
Lat 27 Hlm. 51
Lat 26 Hlm.
50
|
12 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
1.4. Menghitung
perpangkatan dan akar sederhana
|
Perpangkatan
dan Akar Sederhana
o Menuliskan
perpangkatan dua sebagai perkalian berulang (Hlm. 52)
o Operasi hiitung yang
melibatkan bilangan berpangkat dua (Hlm. 53)
o Penarikan akar
pangkat dua dari bilangan kuadrat (Hlm. 59)
o Membandingkan
Bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain (Hlm. 61)
|
o Mempelajari contoh
bilangan berpangkat dua
32 = 3 x 3 = 9
secara umum
a2 = a x a
o Mempalajari contoh
Hlm. 53
o Mengetahui pola
bilangan kuadrat seperti 1, 4, 9, 16, 25, . .
o Mempelajari contoh
penjumlahan bilangan berpangkat dua, Hlm. 55
o Mempelajari contoh
pengurangan bilangan berpangkat dua, Hlm. 56
o Membahas latihan
pengayaan
o Mempelajari contoh
perkalian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Mempelajari contoh
pembagian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Membahas teka-teki Hlm.
58
o Mempelajari
contoh Hlm. 59
o Mempelajari
langkah-lanmgkah mencari hasil akar dariu suatu bilangan
o Mempalajari contoh
Hlm. 60
o Mempelajari
langkah-langkah untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan
bilangn lain
o Mempelajari contoh
hlm. 61
|
o
Mencari hasil pemangkatan dua
o
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
o
Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
o
Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua
dari bilangan kuadrat
o
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 52
Latihan 2
Hlm. 53
Latihan 3.
Hlm. 54
Latihan 4
Hlm. 55
Latihan 6
Hlm. 56
Latihan 5
Hlm. 55
Latihan 7
Hlm. 57
Latihan 8
Hlm. 56
Latihan 9
Hlm. 59
Latihan 10
Hlm. 61
Latihan 11
Hlm. 62
|
10 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
1.5. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
Perpangkatan
dan Akar Sederhana
o Memecahkan masalah
sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua
(Hlm. 62)
|
o
Mempelajari contoh Hlm. 62
o
Mengerjakan latihan 12 Hlm. 64
o
Memepelajari contoh Hlm. 64
o
Melakukan latihan pengayaan
|
o
Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Latihan 12
Hlm. 64
Uji kompetensi
Bab 1
Hlm. 65
|
4jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
No comments:
Post a Comment