RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester :
I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat
mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§ Siswa dapat
mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan
bujurnya.
§ Siswa dapat
memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Siswa memahami
fungsi wilayah darat NKRI.
§ Siswa memahami
fungsi wilayah laut NKRI.
§ Siswa memahami
fungsi wilayah udara NKRI.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Batas wilayah
NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI.
§ Fungsi wilayah
darat, laut, dan udara NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan
Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan
teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru
berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru dan siswa
bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua
siswa.
F Guru menjelaskan batas-batas
utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan
berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
F
Guru menyiapkan kelas diskusi.
F
Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan
panduan guru.
F
Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Siswa dan guru
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru
berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru dan siswa
bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman
naik pesawat terbang.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat,
laut, dan udara NKRI.
&
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
F
Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
F
Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
F
Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
F
Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Peta dunia.
§ Gambar/foto
tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan
udara.
§ Buku
paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan
NKRI
§ Menjelaskan
fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI,
serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi
kelompok
§ Diskusi
kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan
NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
No comments:
Post a Comment