Saturday 11 July 2015

Silabaus Matematika Kelas V Semester I



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A

Kelas/Program        : V

Semester    : I  Ganjil

Alokasi Waktu                    : 38 x 30 menit

Standar Kompetensi          : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran




Sifat Operasi hitung bilangan bulat

o  Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif

o  Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat

o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan


o Memahami sifat operasi komutatif pada penjumlahan
a + b = b + a
2 + 3 = 3 + 2
   5    =   5

o Mengerjakan latihan 1 s.d 14
o Memahami sifat operasi komutatif pada perkalian
a x b = b x a
2 x 3 = 3 x 2
   6    =   6

o Mempelajari contoh Hlm. 5

o Memahami sifat operasi asosiatif pada penjumlahan

o Mempelajari contoh Hlm.6
o Memahami sifat operasi asosiatif pada perkalian

o Mempelajari contoh Hlm. 7, 8
o Mempelajari sifat distribusi
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
o Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1
o Membulatkan bilngan ke puluhan terdekatnya
o Membulatkan bilangan ke ratusan terdekatnya.
o Mempelajari cara menaksir hasil penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian


o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien

o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat

o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan


Tugas IndVidu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan 1 Hlm.3

Latihan 2
Hlm. 4

Latihan 3 Hlm.5

Latihan4
Hlm.6

Latihan 5
Hlm. 7

Latihan6
Hlm. 9

Latihan7
Hlm. 10

Latihan8.
Hlm. 11

Latihan9
Hlm. 11



Latihan10
Hlm. 13

Latihan11
Hlm. 15

Latihan12
Hlm. 16

Latihan13
Hlm. 17

Latihan14
Hlm. 18

Latihan pengayaan

10 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A

 

Alat:
-  Buku


1.2.      Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB


KPK dan FPB

o  Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari



o  Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari


o  Mempelajari contoh mencari faktor prima Hlm. 20








56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 22 x 7

o  Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o  Menentukan KPK dari dua bilangan pada contoh hlm. 21
o  Menentukan FPB dari dua bilangan pada contoh hlm. 22
o  Mempelajari contoh Hlm. 23


o  Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK




Tugas IndVidu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan 1.
Hlm. 21

Latihan 2.
Hlm.22

Latihan 3.
Hlm.23



Latihan 4.
Hlm 24


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A

 

Alat:





si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


1.3.      Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat


Operasi Hitung Bilangan Bulat

o Membaca dan Menulis Bilangan Bulat (Hlm. 26)

o Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (Hlm. 29)

o Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif (Hlm. 42)

o Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat (Hlm. 50)


o  Mengenal bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan
o  Membaca dan menulis lambang bilangan bulat
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 26
o  Mengenal lawan suatu bilangan dengan memperhatikan
o  Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan positif
o  Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31
o  Mempelajari cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif
o  latihan pengayaan Hlm. 36
o  Mempelajari cara mengurangkan dua bilangan positif
o  Mempelajari cara mengurangkan bilangan positif dengan bilangan negatif
o  Mempelajari cara mengurangkan bilangan negatif dengan bilangan negatif
o  Mempelajari cara mengalikan dua bilangan positif
(+) x (+) = +   

o  Mempelajari cara mengalikan bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) x (–) = –     
(–) x (+) = –

o  Mempelajari cara mengalikan dua bilangan negatif
(–) x (–) = +     
o  Membagi bilangan positif dengan bilangan positif
o  Mempelajari cara membagi bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) : (–) = –    
(–) : (+) = –     
o  Mempelajari cara membagi dua bilangan negatif
(–) : (–) = +    

o  Mempelajari cara menyelesaikan hitungan campuran
o  Mempelajari cara menyelesaikan masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.

o  Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat

o  Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat

o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat




Tugas IndVidu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Lat 1. Hlm. 27
Lat 2. Hlm. 28

Lat 2. Hlm. 28
Lat 4. Hlm. 29

Lat 5 Hlm. 29
Lat 7 Hlm. 29

Lat 8 Hlm. 29
Lat 10 Hlm. 33

Lat 11 Hlm. 34
Lat 6. Hlm. 30

Lat 9. Hlm. 33
Lat 12 Hlm. 35

Lat 13 Hlm. 37
Lat 14 Hlm. 38

Lat 15 Hlm. 39
Lat 16 Hlm. 40

Lat 17 Hlm. 40

Lat 18 Hlm. 42

Lat 19 Hlm. 43

Lat 21 Hlm. 44

Lat 20 Hlm. 44



Lat 22 Hlm. 46

Lat 23 Hlm. 47

Lat 24 Hlm. 48

Lat 25 Hlm. 49

Lat 27 Hlm. 51

Lat 26 Hlm. 50

12 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   

1.4.      Menghitung perpangkatan dan akar sederhana


Perpangkatan dan Akar Sederhana

o  Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang (Hlm. 52)

o  Operasi hiitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua (Hlm. 53)

o  Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat (Hlm. 59)

o  Membandingkan Bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain (Hlm. 61)





o Mempelajari contoh bilangan berpangkat dua
32 =  3 x 3 = 9
secara umum a2 = a x a
o Mempalajari contoh Hlm. 53
o Mengetahui pola bilangan kuadrat seperti 1, 4, 9, 16, 25, . .
o Mempelajari contoh penjumlahan bilangan berpangkat dua, Hlm. 55
o Mempelajari contoh pengurangan bilangan berpangkat dua, Hlm. 56
o Membahas latihan pengayaan
o Mempelajari contoh perkalian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Mempelajari contoh pembagian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Membahas teka-teki Hlm. 58
o Mempelajari contoh  Hlm. 59
o Mempelajari langkah-lanmgkah mencari hasil akar dariu suatu bilangan
o Mempalajari contoh Hlm. 60
o Mempelajari langkah-langkah untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain
o Mempelajari contoh hlm. 61


o  Mencari hasil pemangkatan dua

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua

o  Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan

o  Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat



Tugas IndVidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 52

Latihan 2
Hlm. 53

Latihan 3.
Hlm. 54

Latihan 4
Hlm. 55

Latihan 6
Hlm. 56

Latihan 5
Hlm. 55

Latihan 7
Hlm. 57

Latihan 8
Hlm. 56

Latihan 9
Hlm. 59

Latihan 10
Hlm. 61

Latihan 11
Hlm. 62



10 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   


1.5.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB


Perpangkatan dan Akar Sederhana

o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua (Hlm. 62)


o   Mempelajari contoh Hlm. 62
o   Mengerjakan latihan 12 Hlm. 64
o   Memepelajari contoh Hlm. 64
o   Melakukan latihan pengayaan



o  Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat


Tugas Individu



Laporan


Latihan 12
Hlm. 64

Uji kompetensi Bab 1
Hlm. 65

4jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A



Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )

No comments:

Post a Comment