Tuesday 5 May 2015

Silabus IPA Kelas V




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : V / SEKOLAH DASAR

Semester                                 : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.

1.2.      Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah


Organ tubuh manusia dan hewan


A.Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (Hlm.3)



o  Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1

o  Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan

o  Memahami istilah dari
-    Diagfragma
-    Gelambir
-    Pleura
-    Bronkus
- Alveolus
- Pundi-pundi
-  Labirin
-  Stigma

o  Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut

o  Memahami proses pernapasan pada :
-   Manusia
-   Burung
-   Reptil
-   Amfibi
-   Ikan
-   Serangga
-   Cacing


o  Mendeskripsikan alat pernapasan hewan


o  Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.

o  Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan


Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan dan Unjuk kerja







Kegiatan 1.1
Hlm.4

Tugas 1.1
Hlm.5









Sumber:
Buku SAINS SD  Kelas V

Alat:
-  Stoples plastik bening besar
-  Pipa kecil bercabang tiga
-  Plastisin
-  Karet gelang
-  Sedotan
-  Tiga balon kecil
-  Lakban
-  Gunting
-  Silet



1.3.   Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan


Organ tubuh manusia dan hewan

B. Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia. (Hlm.13)

C. Hubungan Makanan Dan Kesehatan (Hlm.21))


o  Melakukan tugas 1.2
o  Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
-   Rongga mulut
-   Kerongkongan
-   Lambung
-   Usus halus
-   Usus besar

o  Memahami fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar

o  Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan

o  Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan

o  Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya
o  Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)
o  Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar.

o  Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia.

o  Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

o  Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.

o  Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.

o  Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.


Tugas Individu








Uraian Objektif













Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas V

Alat:
-   

1.4.   Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.


Organ tubuh manusia dan hewan

D. Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28)



o  Melakukan kegiatan 1.2 (Hlm.31)

o  Memahami fungsi jantung dan pembuluh darah.

o  Memahami bahwa jantung terdiri dari empat ruang
-   Serambi kiri
-   Serambi kanan
-   Bilik kiri
-   Bilik kanan

o  Memahami bahwa pembuluh darah
-   Pembuluh Nadi (Arteri)
-   Pembuluh Balik (Vena)

o  Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik

o  Memahami intilah
-   Aorta
-   Arteri
-   Vena
-   Pembuluh kapiler

o  Memahami proses peredaran darah tertutup dan macam peredaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh
-   Pembuluh Nadi (Arteri)
-   Pembuluh Balik (Vena)
o  Mampu menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain


o   Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar.

Tugas Individu



Laporan


Kegiatan 1.2
Hlm.31




Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-  Stopwatch
-  Jam tangan


1.5.   Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia


Organ tubuh manusia dan hewan

D.Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28)


o  Melakukan uji kompetensi (Hlm.36)

o  Latihan soal (Hlm.38)

o  Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah
-   Anemia
-   Leukimia
-   Hipertensi
-   Penyakit jantung bawaan
-   Pembuluh nadi mengeras

o  Memehami cara memelihara kesehatan alat peredaran darah
-   menghindari makanan berlemak tinggi
-   membiasakan pola makan yang sehat
-   kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur

o  Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik


o   Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia.

o   Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.


Tugas Individu



Laporan


Uji Kompetensi
Hlm 26

Lat Ulangan
Hlm.38



Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)




SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : V / SEKOLAH DASAR

Semester                                 : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1     Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan


Tumbuhan Hijau

A.   Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau (Hlm.43)



o  Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o  Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-   air → diperoleh melalui akar
-   karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-   cahaya matahari → diserap oleh klorofil
o  Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)
o  Mengetahui hasil fotosintesis berupa
-   Karbohidrat
-   oksigen
o  Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya
a.        di dalam umbi
b.        di dalam buah
c.        dalam biji
d.        di dalam batang

o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)
o  Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.


Tugas Individu




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Tugas 2.1
Hlm.46




Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-   

2.2     Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan



Tumbuhan Hijau

B.   Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan hijau. (Hlm.48)

C.   Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau. (Hlm.52)




o  Melakukan tugas 2.2 (Hlm.52)
o  Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
o  Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan
a.  Daun-daunan
-  Singkong
-  Kangkung
-  Selada
-  Katuk
b.  Bunga-bungaan
-  Bunga kol
-  Bunga turi
-  pisang
-  pepaya
c.  Buah-buahan
-  Jeruk
-  Apel
-  Jeruk
-  Avokad
d.  Umbi-umbian
-  Kentang
-  Wortel
 Lobak

e.  Tunas
-  Taoge
-  Rebung
f.   Biji
-  Jagung
-  Beras
-  Gandum
-  Kedelai
o  Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai
a.  Penyedap rasa
-   gula pasir → tebu
-   bumbu (merica, cengkeh, pala , kunyit, jahe)
b.  Obat-obatan
-   Pil kina (obat penyakit malaria) → kulit pohon kina
c.  Bahan sandang
-   Kain katun → serat kapas
d.  Peralatan rumah tangga
-   Kursi, meja → kayu dan bambu

o  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
o  Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
o  Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.


Tugas Individu




Laporan

Uraian Objektif


Tugas 2.2
Hlm.52








Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-   
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : V / SEKOLAH DASAR

Semester                                 : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1     Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

A.   Penyesuaian dengan lingkungannya (Hlm.56)




o  Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
o  Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan
-   Kupu-kupu → alat penghisap nektar yang panjang (probosis)
-   Lebah→ mempunyai bentuk mulut penjilat
o  Melakukan tugas 3.1 (Hl.61)
o  Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
-   Bunglon → mengubah warna tubuhnya
-   Walang sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat
-   Walang daun →  bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun
-   Kala jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat
-   tubuh ke tubuh                        musuhnya
o  Melakukan tugas 3.2 (Hl.64)

o  Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.



Tugas Individu




Laporan


Uraian Objektif




Tugas 3.1
Hlm.61

Tugas 3.2
Hlm.64




Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-


3.2     Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

B.   Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya


o  Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya

o  Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air.

o  Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda
-   Pohon jati → merontokkan atau menggugurkan daunnya
-   Kaktus → bentuk daun duri untuk mengurangi  penguapan,  batang kaktus menyimpan air.
-   Teratai → Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara
-   Tumbuhan kantong semar→ Daun berbentuk kantong

o  Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya
-   Bunga mawar → Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil
-   Bunga bugenvi → memiliki duri-duri panjang-panjang
-   Pohon mangga, kamboja, alamanda → Mengeluarkan getah
-   Buah durian → Memiliki kulit berduri


o  Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.





Uraian Objektif





Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-   
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : V / SEKOLAH DASAR

Semester                                 : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1     Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas




Benda dan sifatnya

A.   Penyusun bahan tali temali. (Hlm.75)

B.   Kekuatan bahan tali temali (Hlm.)

C.   Sifat tali temali


o  Melakukan kegiatan 4.1 s.d 4.3
o  Memahami peta konsep tentang bahan tali temali
o  Mengetahui bahan penyusun tali temali
-   Serat : Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik
-   Benang : Benang jahit, benang kasur, benang nilon
-   Tambang atau tali : Tambang plastik, tambang kawat,
o  Memahami sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali:
-   Lentur
-   Kuat
o  Memahami peta konsep tentang bahan tali temali.
o  Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya
-   Struktur pilinan
-   Struktur anyaman
-   Struktur lurus
o  Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya
o  Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali

o  Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.

o  Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.

o  Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.

o  Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.

o  Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.

Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Kegiatan 4.1
Hlm.75

Kegiatan 4.2
Hlm.77

Kegiatan 4.3
Hlm.80





Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-  Seutas tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar,  tiga batu kecil,  ember berisi air


4.2     Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap



Benda dan sifatnya

D.   Perubahan sifat benda (Hlm.81)

E.    Perubahan wujud yang dapat kembali dan tidak dapat kembali (Hlm.85)

o  Melakukan kegiatan 4.4 (Hlm.82)
o  Tugas 4.1 dan tugas 4.2
o  Mengerjakan uji kompetensi (Hlm.88)
o  Memahami penyebab perubahan pada benda
-   Pemanasan
-   Pendinginan
-   Penyubliman
-   Pembakaran
-  Pencampuran dengan air
-  Pembusukan
-  Perkaratan
o  Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali.
o  Memahami prosese pembuatan garam
o  Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali.
-   Pembusukan pada sayuran dan buah
-   Pemasakan nasi
-   Pembuatan bubur
-   Perkaratan pada besi



o  Mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
o  Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.
o  Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.
o  Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses.
o  Mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


Kegiatan 4.4
Hlm.81

Tugas 4.1
Hlm.82

Tugas 4.1
Hlm.86


Uji Kompetensi
Hlm.88

Lat Soal
Hlm.90

Lat Ulangan Umum
Hlm.96





Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
-  Sebatang lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)




Mengetahui,
Kepala Sekolah ..........................



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................

..........................................  20 .....
Guru Mapel IPA ( SAINS )



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................

No comments:

Post a Comment