RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Organ Tubuh
Manusia dan Hewan
Waktu :
8 x 45 menit (4 X pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktek
A.
Standar Kompetensi :
1.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ
tubuh manusia.
1.2
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
C.
Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa
dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o
Siswa
dapat Memahami istilah dari
- Diagfragma
- Gelambir
- Pleura
- Bronkus
|
- Alveolus
- Pundi-pundi
- Labirin
- Stigma
|
o
Siswa
dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
o
Siswa
dapat Memahami proses pernapasan pada :
-
Manusia
-
Burung
-
Reptil
-
Amfibi
|
-
Ikan
-
Serangga
-
Cacing
|
o
Siswa
dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi Essensial
Organ tubuh manusia dan
hewan
o
Alat
Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan
E.
Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o
Stoples
plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang,
Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
F.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|||||||
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Indikator Pencapaian
Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
alat pernapasan
F
Menyebutkan bagian tubuh yang berperan
sebagai pernapasan
-
Paru-paru
-
Hidung
-
Tenggorokan
F
Memahami istilah dari
F
Memahami pernapasan dada dan pernapasan
perut
F
Memahami proses pernapasan
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
3.
Penutup
o Mengulang
proses pernapasan
|
(5 menit)
|
||||||
4.
Pekerjaan Rumah
o
–
|
|||||||
Pertemuan ke-2
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Melakukan kegiatan
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
o
Memberikan kesimpulan dari
kegiatan 1.1
|
(5 menit)
|
||||||
o
tugas 1.1
|
|||||||
Pertemuan ke-3
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o Memahami
peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan
|
(5 menit)
|
||||||
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan
hewan
F
Memahami istilah dari
F
Memahami proses pernapasan pada :
F
Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang
yaitu dengan memakan makanan
F
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
o Memberikan
kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda
|
(5 menit)
|
||||||
o
|
|||||||
Pertemuan ke-4
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.
|
(5 menit)
|
||||||
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang
menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan
kuman
F
Memahami gejala penyakit :
F
Memahami pola hidup sehat untuk
meningkatkan kesehatan alat pernapasan
F
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Menyebutkan penyakit menyerang
alat pernapasan manusia akibat serangan kuman
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
||||||
o
Memberikan kesimpulan bahwa pola
hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.
|
(5 menit)
|
||||||
o
-
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Membuat
model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Menjelaskan
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup
udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Membiasakan
diri memelihara kesehatan alat pernapasan
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan
dan Unjuk kerja
|
o Jelaskanlah
alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o Buatkanlah
model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o Jelaskanlah
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup
udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o Jelaskanlah
cara memelihara kesehatan alat pernapasan
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
No comments:
Post a Comment