Tuesday, 3 March 2015

RPP PAI Kelas V



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                         :   _______________________
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester        :   V / 1
Standar Kompetensi :   1.                 Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar     :   1.1          Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun
Alokasi Waktu           :   3 x 35         menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran       :   1.   Siswa dapat membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan  harakat  dan makhraj yang benar
2.        Siswa dapat membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun dengan  
       menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran    :                   Surah Al Lahab dan Al Kafirun

Metode Pembelajaran   :       1.         Siswa berlatih membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan
                                                      harakat dan makhraj yang benar
2.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya  
               membahas
                    hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3.       Siswa berlatih membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan
                   menerapkan hukum bacaan yang benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surat-surat yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan pengantar tentang asbabun nuzul dari bahan ajar yang akan disampaikan
2.   Kegiatan Inti.      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dan siswa yang lain         mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan  siswa secara berkelompok dan individu tentang hukum bacaan yang ada pada Surah Al Lahab dan Al Kafirun
F Siswa diminta menulis Surah Al Lahab dan Al Kafirun di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.         Alquran (Juz Amma)
2.         Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis
3.         Kaset/CD tentang Alquran 
4.         Buku Pendidikan Agama Islam.
5.         Buku Tajwid atau buku-buku lain yang relevan
6.         Pengalaman guru
7.         Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar
Ø  Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang bena
Tes lisan
Tes lisan
Pelafalan
Pelafalan

Ø  Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan makhraj dan harakat yang benar!
Ø  Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan  menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut!

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1


3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

No comments:

Post a Comment