RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 jam
pelajaran @ 35 menit
Pertemuan
minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
I.
Standar Kompetensi
1. Menghargai berbagal peninggalan
dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha,
dan Islam di Indonesia
III. Tujuan
Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah
yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian (respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes
) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha,
dan Islam di Indonesia
V. Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 1, 2 dan 3
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan dan menyusun
daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
F Menjelaskan daftar
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
F Menjelaskan dan menceritakan
beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam dl Indonesia
F Menjelaskan cara-cara
melestarikan dan memberi makna peninggalàn yang berskala nasional dan masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
VI. Alat Dan Sumber
Bahan
§ Alat Peraga : Gambar
candi borobudur, candi prambanan, masjid, dll
§ Sumber : Buku
IPS kelas V
Buku
yang relevan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§ Melestarikan
peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di
Indonesia
§ Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha
me- lalui peta
§ Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga-
manya
§ Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
§ Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
No comments:
Post a Comment