Saturday 21 February 2015

Cara Mudah Belajar Perkalian

Belajar perkalian mestinya menjadi suatu momen yang paling mengesankan bagi putra-putri kita. Karena dengan memahami perkalian, putra-putri kita dapat berhitung lebih cepat dan lebih baik dari sebelumnya yang baru mengenal penjumlahan.
Tetapi sebaliknya yang sering terjadi. Anak-anak justru mulai bingung ketika mengenal perkalian. Pasti ada yang salah dalam model pembelajaran yang umum.
Sementara itu siswa  selalu bergembira belajar dan berpetualang dengan perkalian. Anak-anak kecil (5 atau 6 tahun) bermain perkalian mengasyikkan di APIQ dengan Onde Milenium, Dadu Milenium, Mino Milenium, dan lain-lain.
Mengapa siswa-siswa APIQ dapat bergembira bermain dan belajar perkalian?
Ini semua tidak lepas dari peran Paman APIQ. Berikut ini adalah beberapa tips dari Paman APIQ agar putra-putri kita bergembira mempelajari perkalian.
1. Selalu ciptakan suasana senang, bergembira, tebak-tabakan, dalam belajar matematika.
2. Gunakan alat bantu fisik yang memudahkan. Misal manik-manik, kancing, jari, biji, atau tentu lebih asyik menggunakan onde milenium.
3. Perkenalkan perkalian sebagai bentuk lanjutan dari penjumlahan berulang. Contoh:
6×2 = 6 + 6 = 12
2×5 = 5 + 5 = 10
4. Hindari perkalian dengan 1, apalagi perkalian dengan 0 untuk tahap-tahap awal. Perkalian dengan 1 atau 0 tidak mudah dipahami oleh anak-anak. (Bahkan orang dewasa kadang juga sulit memahami makna perkalian dengan 0, ya kan?)
5. Perkenalkan cara berhitung perkalian yang lebih mudah – tapi tanpa memaksa anak. Contoh:
4 x 2 = …. = 4 + 4 = …..
Bentuk di atas lebih mudah dari bentuk di bawah:
4 x 2 = …. = 2 + 2 + 2 + 2 = ….
Dua cara di atas sama benarnya. Jadi tidak perlu dipermasalahkan. Tetapi kita perlu mebantu anak kita memilih cara yang lebih mudah.
Contoh:
21 x 2 = …. = 21 + 21 = ….
Tentu bentuk di atas lebih mudah dari bentuk di bawah:
21 x 2 = … = 2 + 2 + 2 …… + 2 = ….
6. Pada saatnya nanti, anak-anak akan perlu menghafal tabel perkalian. Pastikan anak paham konsep baru kemudian menghafal. Mulailah menghafal perkalian kembar (kuadrat): 2×2, 3×3,….9×9, 10×10.
7. Agar lebih mahir lagi tentang perkalian, anak-anak dapat kita ajak berpetualang dengan permainan onde milenium dimensi 2 dan teknik bintang. Pasti asyik!

1 comment: