Friday 19 June 2015

Progaram Tahunan



PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia.
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran     : 2015 / 2016
Kelas                        : IV

Smt
No
Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Keterangan
1
1









2








3











4






Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps 
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps

Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar

Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai

Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
4.4   Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)

Ulangan harian






      
J U M L A H



           
Mengetahui
Kepala Sekolah



( .............................. )

......................., .........
Guru Mapel Bahasa Indonesia.



( .............................. )

No comments:

Post a Comment